BTemplates.com

Kamis, 12 Oktober 2023

MANFAAT OLAHRAGA TERUTAMA BERSEPEDA BAGI TUBUH

Bersepeda merupakan olahraga yang sudah umum untuk kita dengarkan atau kita lakukan. Olahraga ini umunya dianjurkan terhadap orang yang baru mulai berolahraga, obesitas, atau rentan mengalami cedera. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang dilakukan dengan pergerakan yang tidak terlalu banyak dan juga sulit sehingga meminimkan resiko cedera. Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh semua kalangan umur, karena olahraga ini tidak memiliki ketentuan atau gerakan tertentu yang harus diikuti selama berolahraga. Selain kecil resiko cedera olahraga bersepeda juga memilki banyak manfaat bagi tubuh baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental, berikut manfaat olahraga bersepeda bagi tubuh kita;

MENJAGA BERAT BADAN

Manfaat utama dari olahraga bersepeda adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Sehingga olahraga ini cocok bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi, jangan lupa untuk seimbangkan antara asupan kalori yang masuk juga kalori yang dibakar.

MEMBANTU MENGURANGI INSOMNIA

 Insomnia merupakan gangguan tidur yang dirasakan seseorang yang sulit beristirahat ketika akan tidur. Insomnia sudah dirasakan banyak orang terutama usia remaja hingga orang tua, sehingga olahraga merupakan salah satu cara agar dapat mengobati insomnia. Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang di anjurkan saat seseorang merasakan insomnia, dikarenakan bersepeda selain menyegarkan tubuh dapat juga menyegarkan pikiran. Oleh karena itu pikiran kita bisa beristirahat setelah seharian beraktivitas

MENURUNKAN RESIKO JANTUNG 

Akibat kurang melakukan olahraga adalah menikmati resiko terkena jantung, Bersepeda secara rutin bisa menurunkan risiko kedua penyakit tersebut. bersepeda dapat menurunkan tekanan darah sehingga tekanan darah menjadi stabil dan terkontrol. Sehingga resiko terkena penyakit jantung menjadi mengecil.

MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT 

Olahraga bersepeda membuat kita mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kamu dipaksa untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Sehingga bersepeda bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot.

Itulah beberapa manfaat olahraga bersepeda bagi tubuh, terutama manfaat bersepeda bagi kesehatan mental dan tubuh. Jadi apakah anda ingin memulai bersepeda mulai sekarang untuk mendapatkan banyak manfaat dari olahraga ini? Banyak manfaat yang kita akan rasakan apabila melakukan olahraga dengan baik dan teratur.

BAAK

Studentsite

Perpustakaan 

Universitas Gunadarma 

Kemahasiswaan 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

lagu

laguuu

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Arsip Blog

About

Blogroll